Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Rangkuman Materi Overloading By Arif Dwi Laksito, M.Kom

FIAN PANIC - Rangkuman Materi Overloading By Arif Dwi Laksito, M.Kom, oke lanjutkan ke materi berikutnya brot,,,, yaitu tentang overloading, apa itu overloading,, :v langsung saja simak Rangkuman Materi Overloading By Arif Dwi Laksito, M.Kom di bawah ini brot,, semoga materi dapat tersampaikan semuannya :v langsung simak aja,, :v


Rangkuman Materi Overloading By Arif Dwi Laksito, M.Kom

FUNCTION OVERLOADING

Function overloading adalah suatu proses menggunakan nama yang sama untuk dua atau lebih fungsi. Setiap definisi ulang dari fungsi yang di overloading harus menggunakan tipe parameter, urutan parameter, atau jumlah parameter yang berbeda.

Jumlah, tipe atau urutan parameter dari suatu fungsi disebut function signature. Jika kita memiliki sejumlah fungsi dengan nama yang sama, compiler akan mengidentifikasi fungsi-fungsi tersebut berdasarkan parameternya. 


contoh FUNCTION OVERLOADING

Contoh diatas terdapat 2 fungsi TampilLaptop dengan 2 parameter yang berbeda yang akan digunakan sesuai kebutuhan saat di akses.

FUNCTION SIGNATURE

 
Signature dari suatu fungsi didefinisikan dengan:
1. Jumlah parameter yang dimiliki oleh fungsi, 

contoh: void display() void display(int a) void display(int a, int b)

2. Tipe data parameter fungsi,

contoh: void display(int a) void display(char b)
 

3. Urutan tipe data dari parameter fungsi, 
contoh: void display(int a, char b) void display(char b, int a)

4. Nilai return suatu fungsi TIDAK membedakan 2 fungsi dengan nama yang sama. Karena itu deklarasi fungsi di bawah ini tidak bisa diletakkan dalam satu class yang sama void display() int display()

CONSTRUCTOR OVERLOADING

 
Sama seperti pada penggunaan fungsi overloading, pada constructor ini juga akan ditambahkan fungsi overloading dengan spesifikasi sama seperti constructor yaitu tanpa tipe kembalian dan mempunyai nama fungsi = nama class.


contoh CONSTRUCTOR OVERLOADING

Pada contoh script diatas terdapat 3 fungsi constructor Box dengan jumlah parameter dan tipe data parameter yang berbeda, setiap fungsi tersebut akan dijalankan sesuai dengan pemanggilan berdasarkan parameter atau tipe data kembalian fungsi tersebut.
 

OVERLOADING OPERATOR
 
Konsep overloding fungsi dapat juga diterapkan pada operator. Yang dimaksud dengan operator overloading adalah menambah fungsi dari operator C++ normal jika digunakan pada tipe data yang didefinisikan oleh user (user-defined data types). Hanya operator C++ yang bersifat predefined yang dapat di overload. Dengan menggunakan operator overloading maka user dapat memahami notasi dengan lebih mudah daripada dengan menggunakan fungsi karena lebih mendekati implementasi sebenarnya.
Tujuan overloading terhadap operator adalah untuk memudahkan operasi terhadap data terutama yang berupa obyek.


Perhatikan class Complex berikut ini..

contoh OVERLOADING OPERATOR

Operator+ diatas merupakan overloading operator yang bertujuan menjumlahkan member class dari masing-masing object Complex, berikut cara menggunakan nya..

contoh OVERLOADING OPERATOR

nah itu tadi adalah beberapa penjelasan tentang overloading,, masih bingung? semoga masih ya :v ,, haha oke cukup sekian duluRangkuman Materi Overloading By Arif Dwi Laksito, M.Kom,,, bila ada yang kurang jelas langsung tanyakan aja masalahmu di komentar brot,, sekian terimakasih selamat belajar :v

Keyword Terkat:
Rangkuman Materi Overloading,contoh overloading,perbedaan overloading dan overriding,overloading adalah,contoh script overloading,cara mendeklarasikan overloading method,pengertian overloading pada c++,contoh program overloading method,pengertian konstruktor pada java,

Post a Comment for "Rangkuman Materi Overloading By Arif Dwi Laksito, M.Kom "